Tuesday, January 8, 2019

Cerpen Cinta Aku Kau Dan Si Sketsa


AKU  KAU DAN SI SKETSA

Kenalin, nama ku diandra...nama lengkapku diandraaaaa....wikwikwik nama asli ku Diandra kumala sari. Panggilan akrabku dian. Banyak nama dian di sekolahan mah....jadi setiap ada orang yang manggil nama “ DIAN” Aku selalu nengok,padahal manggil Dian yang lain...tengsin deh gue...
OK. Kembali ke cerpenya, cerpen ini aku buat pure cerita ku...so, dibaca seksama ya... LET’S GO!
                Pagi yang cerah, disudut kota kecil yang bernama lasem..Aku tinggal disana..terkenal karena sebuah karya ternama di Indonesia yaitu batik,makanan khas,bangunan antik dsb. Aku tinggal di sebuah keluarga yang cukup bahagia, beranggotakan ayah,ibu dan 2 saudara laki-laki ku. Aku anak terakhir di keluarga tersebut.yahhhh ...kalau dipandang orang aku ni beruntung karena anak cewek sendiri..
                Menginjak remaja ,aku duduk dibangku kelas 1 SMK. Setiap hari menghabiskan waktu menjalani aktivitas sekolah seperti biasa. Berangkat pagi pulang sore..tapi tak apa..ku jalani rutinitas ku dengan sepenuh hati..karena dikasih uang saku..agegege

                Seperti anak normal lainya..pastilah punya story tentang love..mabuk cinta,PDKT dan yang lainya. Seperti halnya aku,Aku pun punya kisah cinta yang dibilang unik juga membingungkan. Yang tidak masuk logika dan penuh pro kontra. Sebuah kisah romansa yang melibatkan pekerja sketsa yang ku kenal hampir 3 tahun yang lalu.Entah bagaimana aku mengenalnya. Penuh lika-liku didalamnya. Nama pekerja sketsa itu bernama bayu aji pradana.. Aku kenal dia saat boomingnya via BBM gaesss.saat itu karena entah promotan dari temanku dia jadi tahu pin Bbku.

                Singkat cerita,aku dan dia sering bertegur sapa lewat via BBM. PDKT ala-ala jadul dulu masih kuingat,malu rasanya jika mengingat semua itu dan akhirnya aku dan dia mempunyai sebuah hubungan..yah boleh dikatakan pacaran lah ya...selang beberapa waktu dan tahun pun berlalu, dia pun jarang mengirim pesan untukku.entah itu sibuk atau apa aku pun tak tahu. Yang sekiranya dia selalu perhatian dan semangat menanyakan kabar entah mengapa semuanya pun sirna...ku singkirkan rasa ego dan kecurigaanku dan bertanya. “ kenapa kamu jarang chat aku, biasanya kamu on time.” Dia jawab .” nggak papa lagi sibuk aja..terlintas dibenakku untuk bertanya. “ sibuk apa?”
Dia jawab “ ahhhh kepo.”tersentak seketika, jawaban yang kuterima lewat via BBM tersebut.
                
               Kaget,kecewa,gelisah semua jadi satu. Ingin ku telusuri semuanya “ ahhhh paling dia lagi sibuk karena pekerjaanya.aku harus memaklumi.” Sedikit bijak sedikit mellow juga sih gaesss yang biasanya ada laki-laki yang setiap hari on time chat sekarang 2 sampai 3 jam baru dibales...ngoyot.
Singkat cerita nih, sudah jarang chat sama dia..sudah terasa bosan ku kira menunggu sebuah harapan yang tak kunjung ada..aku dan dia akhirnya los kontak. Why? Because dia udah punya gebetan baru. Lebih parahnya lagi aku kenal siapa orangnya..ternyata itu kakak kelasku sendiri..

                Sakit? Ya ..sakit ..benci? so sangat benci..dia yang selama ini selalu melontarkan janji-janji manisnya. sekarang?..what happen? Dia punya sang idaman lain yang sekaligus aku tau siapa orangnya.. rasa sakit yang kurasa menembus dari mata dan kuresapi dalam hati..air mata pun berlinang dan bergumam .” kenapa tuhan? Kenapa endingnya seperti ini..? seorang pekerja seni sketsa yang merobek-robek hatiku..sakit tuhan..kalaupun waktu bisa ku putar balik, aku ingin tak mengenalinya.”

                Keesokan harinya, entah ada angin apa, si pemikat hati tukang sketsa pun menghampiriku dan bertanya .” Dek...kamu kenal bayu ya.” Aku jawab dengan sedikit apatis .” Bayu siapa ya..yang namanya bayu kan banyak nggak cuma satu.” Dia membalas “ si tukang sketsa ( dengan nada yang sedikit kecil dan sangat menikam).. akupun menjawab dengan santainya “ oh...si tukang sketsa yang biasa aja tampangnya..kenal kok.” Dia terus bertanya padaku “ kamu pernah dekat ya sama dia? Katanya kalian udah lost kontak?” sedikit jengkel dan bergumam karena pertanyaan yang tidak berguna dan seperti halnya nyinyir. Seketika ku balas “ menurutmu?” lantas ku menjauh dari si kutu kupret itu.

                Jengkel sebenarnya dari hati..tapi setelah ku pikir-pikir untuk apa ku tangisi,,nggak guna dian. MOVE ON. Stock laki-laki baik bukan dia aja..masih banyak laki-laki yang lebih baik dan pantas tuk ku miliki, aku juga masih muda..untuk apa masa muda ku, ku habiskan dengan hanya mengenangnya..tuhan pun punya skenario indah dibalik cerita ini. Cayo dian!!!
                2 tahun pun berlalu..dengan bergantinya zaman..BBM pun tidak serame dulu. Sekarang sudah ada whatsapp yang memudahkan kita untuk chat dengan siapa saja alias ( free pulsa ). Dengan perubahan stylist yang ala-ala zaman now tapi masih sopan dalam berbusana lah yaaa 

                         “( wes gede kok )”. Iseng – iseng untuk buka FB, karena udah jarang on di fb,sebuah pesan masuk dari pengirim p5san yang tak ku kenali,asing..dengan nama samaran yang ditulisnya aku hanya membaca pesan itu yang bertuliskan “ assalamualaikum...Dian..apa kabar?” malas untuk ku balas dan keesokan hari ku beranikan untuk menjawab “ waalaikumsalam..siapa ya?”
Pengirim pesan : ini aku,  yang pernah  dulu chat on time setiap hari.
Dian kumala       : hmm  tukang sketsa yang namanya bayu aji pradana. Ada apa?
Pengirim pesan : maafin aku, aku nyesel udah melakukan semua itu bodoh kukira,aku menyia-nyiakan seseorang yang sebenarnya tulus mencintaiku”
Dian kumala       : baru sadar, iya aku maafin tapi untuk yang lainya, maaf aku tidak bisa.
Pengirim pesan :” ok. Aku paham, sekarang aku baru tau. Dia si kakak kelasmu bukanlah wanita baik, dia hanya memanfaatkanku. Dikala susah justru dia meninggalkanku.”
Sedih membaca semua keluh kesahnya, tapi ada rasa kecewa dibalik kisah itu, padahal dia sudah cukup dewasa untuk menilai seseorang yang baik dan buruk..apa karena faktor kecantikan yang dimilikinya yang merubah semua yang kabut menjadi pelangi? Yang tabu menjadi tak berarti?
Entahlah..kurasa semua rasa ku terhadapnya pun sudah tak ada . hanya rasa empati untuk menjalani sebuah pertemanan biasa yang dilakukan orang setiap harinya..memang susah untuk melupakanya,tapi..hidup harus terus berjalan, melewati setiap rintangan yang menerjang, bahkan badai pun datang dan akan berlalu jikalau kita menjalani itu semua dengan seksama dan sesuai alurnya..

                Sore hari,aku menerima info dari temanku bahwa,di desa yang bernama karangturi tepatnya di heritage tiongkok kecil mengadakan pameran sebuah karya sastra, temanku bilang “ ayo DI, ke heritage, ada pameran lho..?” ku tanya , “ Pameran apa?”
Temanku menjawab “ ya pameran lah masa ketoprak..ayo lah ikut jangan diem mulu dikamar .sekali-kali si ratu jomblo keluar rumah, ehhh biar ketemu pangeran kodok.” Benar juga kata temenku. Aku pun ikut untuk melihat pameran tersebut. Setelah sampai di lokasi pameran, ku lihat satu persatu sebuah lukisan sketsa dan aku ternganga melihat salah satu lukisan sketsa yang mirip dengan wajahku,99% pure wajahku. Aku melihat ke bawah figura tersebut. Dannnn tertulis, bahwa pelukis yang melukis wajahku adalah si tukang sketsa bayu aji pradana dan bertuliskan sebuah kata singkat yang menyentuh hati.”




                                                                “ UNTUK SEBUAH NAMA “

                                Kulukiskan indah wajahmu di dalam sebuah sketsa
                                Mungkin...itu tak berarti apa-apa bagimu
                                Tetapi...bagiku saat berharganya lukisan itu mewakili perasaanku
                                Mungkin..akulah orang terbodoh di dunia ini
                                Karena melepaskan bidadari yang sangat indah di pelupuk mata
                                Demi sebuah keindahan yang semu belaka
                                Sekarang, aku hanya bisa mengungkapkan sebuah rasa ku terhadap sketsa ini
                                Dan berharap si bidadari itu hadir dan melihatnya.

Sontak, aku kaget karena saat ku membaca kata singkat itu terdapat sosok yang tak asing lagi..orang itu adalah bayu aji pradana...ya...itu benar dia. Dengan mata yang penuh air mata dan satu persatu air itu pun mengalir dan dia mendekat ke arahku dan berkata “ akhirnya kamu datang dan melihat secara langsung sketsa itu. Aku menyesal , membisu mau berkata apa . si tukang sketsa yang datang dan menatap dalam kedua mataku...keheningan pun pecah saat dia berkata
“Apakah kamu masih mau menjadi bidadari ku lagi Diana kumala sari?”
Dengan nada polos aku menjawab “ YA....AKU MAU”. Sontak dia pun mendekat dan memelukku di depan semua tamu yang hadir di acara pameran itu. Aku pun baru menyadari cinta memang tak ada logika,datang dan pergi seperti kentut. jijik , bau tapi melegakan.

SEKIAN



perkenalkan nama gue ayu lestari kehidupan gue sehari hari makan tidur berak hidup gua monoton bet dari pada monotn yakan mending gue ngeblog buat ngabisin waktu sehari hari gue

4 comments: